cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
ISSN : 23553790     EISSN : 25794655     DOI : -
Core Subject : Education,
Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2022): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS IT MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD SWASTA MAITREYAWIRA DELI SERDANG T.P. 2020/2021 Sugito Sugito Sugito; Ria Lastaria Simare Mare
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2022): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Kehadiran pandemi covid-19 mengakibatkan proses pembelajaran harus beralih dari tatap muka menjadi online. Agar proses pembelajaran tetap berjalan maka pemerintah menghimbau satuan pendidikan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Maitreyawira Deli Serdang terhadap proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Siswa Kelas V SD Swasta Maitreyawira Deli Serdang. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V masih tergolong belum memenuhi standart Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Peneliti menggunakan media berbasis IT yaitu quizizz yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Swasta Maitreyawira Deli Serdang pada mata pelajaran IPA materi tentang alat gerak manusia dan hewan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam tindakan kelas secara online yang telah dilaksanakan bahwa dari 25 siswa yang mengikuti tes prasiklus siswa yang dikatakan tuntas sebanyak 12 siswa (48%). Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa (60%). Sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (76%).Kata kunci: Covid-19, hasil belajar, PJJ, quizizz
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI KELAS VI SDS BAKTI II JL. KELADI NO. 61 KEL. TANJUNG MULIA KEC. MEDAN DELI Siti Rahmadhani Siregar; Kurniati Kurniati
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2022): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema I Selamatkan Makhluk Hidup Subtema I Tumbuh Sahabatku di  SDS. Bakti II. Penelitian dilaksanakan di SDS BAKTI II jalan Keladi no 61, Kelurahan: Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan: Medan Deli.  Selanjutnya, kegiatan penelitian akan dilaksanakan di kelas VI pada materi yang diajarkan tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan yaitu mencangkok pada mata pelajaran IPA dimulai pada September tahun 2021. Subjek penelitian terdiri  dari  siswa  laki-laki  19  dan  siswa  perempuan  21  dan keseluruhannya berjumlah 40 siswa. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  secara kolaboratif. Alat  pengumpul  datanya adalah  tes  uraian.  Analisis  data  yang  digunakan  adalah pelaksanaan  pembelajaran  ketuntasan  individu,  ketuntasan  klasikal,  dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Sebelum  menggunakan  metode  pembelajaran  Demonstrasi  hasil  belajar siswa  belum  mencapai  nilai  KKM  yang  telah  di  tentukan yaitu 80. Hal ini dapat  dilihat dari  nilai  rata- rata  pada  saat  pra- siklus  sebesar  51,5  dari  40  orang siswa  dengan  ketuntasan   klasikal    sebanyak  3 siswa  (7,5%). (2) Setelah  menggunakan  metode  pembelajaran  demonstrasi  hasil  belajar siswa  dapat  meningkat,  hal  ini  terbukti  pada  siklus  I  hasil  belajar  siswa memiliki  nilai  rata- rata  77,82 dengan  ketuntasan  klasikal  siswa sebanyak  21  siswa  (52,5%)  yang  mencapai  tingkat  ketuntasan.  dan  pada siklus  II  diperoleh  nilai  rata- rata  90,05  dengan  ketuntasan  klasikal siswa  sebanyak  37 siswa  (92,5%). (3) Penerapan  Proses  metode  pembelajaran  demonstrasi  pada  mata pelajaran  IPA  materi  mencangkok  di  kelas  VI  SDS BAKTI II jalan Keladi no 61, Kelurahan: Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan: Medan Deli  berjalan  dengan  baik  sesuai  dengan  RPP yang  telah  direncanakan.  Hal  ini  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa, dimana  dengan  menggunakan  metode  demonstrasi  pembelajaran  IPA dapat  memberikan  dampak  positif  terhadap  hasil  belajar  karena  siswa terlihat  lebih  bersemangat  dan  aktif  dan  percaya  diri  selama berlangsungnya  proses  pembelajaran  dengan  menggunakan  metode pembelajaran  demonstrasi  tersebut. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD CAHAYA PENGHARAPAN ABADI Saut M. Simamora; Lamtiur Simamora
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2022): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Rendahnya hasil belajar siswa khusunya pada tema 6 subtema 3 tentang Panas dan perpindahannya pada siswa kelas V di SD Cahaya Pengharapan Abadi yang beralamat di jl. Veteran pasar 5 Helvetia,merupakan latar belakang dari penelitian ini. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaaan metode dalam megajarkan materi pelajaran yang membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Minat dan antusias siswa yang kurang memberikan dampak kepada hasil belajar yang diperoleh.Dimana hasil belajar siswa masih tergolong kurang dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen. Dalam penerapan metode eksperimen siswa akan terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan akan lebih memahami materi yang akan dipelajari karena melakukan sebuah praktikum atau percobaan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Partisipan adalah siswa kelas V SD Cahaya Pengharapan Abadi yang terdiri dari 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar IPA yang diperoleh pada siklus I yaitu 70,8%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 77,2% . Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Cahaya Pengharapan Abadi pada tema 6 subtema 3 tentang Panas dan Perpindahannya. Banyak faktor yang menyebabkan ketidakmampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang diberikan guru diantaranya bermula dari proses pembelajaran yang tidak menarik, monoton dan membosankan. Kata Kunci : metode eksperimen, hasil belajar
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM SOLVING TENTANG MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SMP/MTs Ennike Gusti Rahmi; Destaria Sudirman
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2022): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving materi pencemaran lingkungan yang valid dan praktis untuk SMP/MTs.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah mode 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian (­define), perancangan (design), pengembangan ((develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena keterbatasan biaya dan waktu penelitian.Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan dihasilkan LKS pada materi pencemaran lingkungan telah valid dengan persentase 82,76%. Praktikalitas yang diperoleh dari guru dengan persentase 87,3% dan siswa dengan persentase 86,30%. Dengan demikian LKS yang dikembangkan dapat dikatakan valid berdasarkan hasil uji validasi dan praktis berdasarkan hasil uji praktikalitas yang telah dilaksanakan. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Berbasis Problem Solving
PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK SISWA SMA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT Fetro Dola Syamsu; Yan Piter Basman Ziraluo
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2022): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Laboratorium virtual adalah tempat terjadinya proses kegiatan eksperimen secara elektronik dengan menggunakan aplikasi atau simulasi yang ada pada komputer. Virtual Laboratory merupakan media yang digunakan untuk membantu memahami suatu pokok bahasan dan dapat menjadi solusi keterbatasan atau ketiadaan perangkat laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengembangkan laboratorium virtual untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Kaway XVI Kelas X Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat yang berlokasi di gampong Keude Aron Kecamatan Kaway XVI.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian adalah prosedur yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan data ataupun informasi untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian. Dari hasil penelitian bahwa laboratorium virtual dapat membantu siswa dalam pembelajaran apalagi laboratorium virtual dapat digunakan degan biaya terjangkau meskipun penggunaan laboratorium virtual tidak sama seperti penggunaan lab pada umumnya tetapi penggunaan laboratorium dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran.Kata kunci : Laboratorium, Pembelajaran Siswa, Biologi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5